Halaman

Banner 468 x 60px

 

19 Juni 2020

TEORI ROUTING

0 komentar
assalammuaikum sobat Dunia IT

Routing adalah proses dimana suatu router mem-forward paket ke jaringan yang dituju. Suatu router membuat keputusan berdasarkan IP address yang dituju oleh paket. Semua router menggunakan IP address tujuan untuk mengirim paket. Agar keputusan routing tersebut benar, router harus belajar bagaimana untuk mencapai tujuan.

Routing Dinamis

Routing  protocol  adalah  berbeda  dengan  routed  protocol.  Routing  protocol  adalah komunikasi antara router-router. Routing protocol mengijinkan router-router untuk sharing informasi tentang jaringan dan koneksi antar router. Router menggunakan informasi ini untuk membangun dan memperbaiki table routingnya. Seperti pada gambar di bawah ini.routing dinamis terbagi:
  1. IGRP
  2. EIGRP
  3. RIP
  4. OSPF
  5. IS-IS
  6. BGP
 Routing statik

Cara kerja routing statis dapat dibagi menjadi 3 bagian:Administrator jaringan yang mengkonfigurasi routerRouter melakukan routing berdasarkan informasi dalam tabel routingRouting  statis  digunakan  untuk  melewatkan  paket  dataSeorang  administrator  harus menggunakan perintah ip route secara manual untuk mengkonfiguras router dengan routing statis




Jalur terpenting


    Sateway      -ip address
    Destination  -default gateway , ip spesifik , network

Alamat paket

    Ssource address
    Destination address

DAC (Dynamic aktif)
Dasar pemilihan routing
    1. rule routing yang paling spesifikasi tujuannya
        contoh: dentination 192.168.0.128/26 lebih spesifik dari 192.168.0.0/24
    2. distance
        router akan memiliki yang distancenya paling kecil

    3. arbitrary

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih